Tips Transportasi Murah Saat di Dubai

BERITALIVE – Dubai dikenal sebagai kota mewah. Berlibur ke negara ini pun dinilai bisa menguras kantong. Baik untuk makan, hingga biaya transportasi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan hal murah di Dubai.

Pasalnya, ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan di kota menakjubkan ini tanpa perlu menghabiskan banyak uang. Untuk transportasi umum di Dubai di operasikan oleh Roads & Transport Authority (RTA) yang terdiri dari Dubai metro (kereta), bis, bis air, dan abra (taksi air).

Tersedia juga satu paket RTA yang disebut dengan One Day in Dubai atau satu hari di dubai yang memudahkan para wisatawan untuk menggunakan seluruh transportasi umum untuk berkeliling ke pusat destinasi wisata. Berikut beberapa rekomendasi transportasi murah saat berlibur di Dubai berdasarkan keterangan resmi yang diterima Sindonews.

1. Abra
Abra dioperasikan menggunakan kapal kayu yang menghubungkan area historis Dubai di the Creek. Anda hanya perlu mengeluarkan AED 1 atau Rp3500 untuk sekali jalan yang langsung dibayarkan ke pengemudi. Ada dua rute yang tersedia, yaitu Stasiun Abra Bur Dubai ke Stasiun Abra Old Souq dan beroperasi setiap hari dari pukul 5 pagi hingga tengah malam. Serta Stasiun Abra Old Souq Dubai ke Stasiun Abra Al-Sabkha yang beroperasi setiap saat.

2. Dubai Metro
Dibuka untuk umum pada 2009, Dubai Metro merupakan salah satu transportasi termurah dan termudah untuk menjelajahi Dubai. Terbentang hingga 75 kilometer yang tersebar di seluruh destinasi utama kota, Dubai Metro memiliki the Red Line, rute sepanjang 52,1 kilometer yang melintang dari Sheikh Zayed Road ke Bandara Internasional Dubai hingga Jebel Ali, dan the Green Line dengan rute sepanjang 22,5 kilometer yang menghubungkan Zona Bebas Bandara Dubai dengan Dubai Healthcare City.

Dubai Metro akan tiba setiap dua hingga lima menit dari pukul enam pagi hingga 11 malam pada hari Sabtu hingga Kamis. Sementara pada hari Jumat pada pukul satu tengah malam. Taksi dan bis tersedia di sebagian besar stasiun untuk mengantarkan wisatawan ke destinasi tujuan dengan tiket mulai dari AED 2 atau Rp7000 untuk pemberhentian satu zona hingga AED 6,50 atau Rp25000 untuk pemberhentian lima zona.

3. Menyewa Sepeda
Menawarkan kenyamanan lebih, penyewaan sepeda berada di area utama Dubai termasuk Downtown Dubai dan Dubai Marina, selama 24 jam. Wisatawan bisa meminjam sepeda melalui aplikasi NextBike yang tersedia di iPhone dan Android. Menariknya, setiap wisatawan bisa meminjam hingga empat sepeda dengan biaya satu sepeda berkisar AED 15 atau Rp55000 untuk 30 menit dan AED 80 atau Rp300000 untuk 24 jam. (WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *