Usai Minum Susu, Perut Terasa Mulas. Apa Penyebabnya?

BERITA LIVE-

Apakah kalian suka minum susu? Lalu setelah minum susu, apa perut kalian terasa mulas? Beberapa orang sering merasa mulas setelah mengonsumsi susu.

Padahal, jenis minuman ini banyak digemari, baik anak-anak maupun orang dewasa. Susu merupakan salah satu minuman yang punya banyak kandungan bergizi.

Kandungan-kandungan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan cuma untuk anak-anak saja, tapi juga orang dewasa. Minuman ini bukan hanya sekedar asupan cairan, tapi juga sumber nutrisi terlengkap yang diperlukan tubuh. Kandungan dalam Susu

Salah satu kandungan penting yang ada dalam susu adalah kalsium. Sumber kalsium tertinggi ada pada susu. Nutrisi ini berfungsi dalam proses mineralisasi gigi dan sebagai bahan pembentuk tulang.

Selain itu, susu juga mengandung protein, lemak sehat, dan vitamin. Itulah sebabnya mengonsumsi susu sangat baik untuk tubuh kita. Namun, kadang kita merasa mulas atau diare setelah minum susu. Kira-kira, apa penyebabnya, ya? Dan apakah hal itu merupakan sesuatu yang normal?

Intoleransi Laktosa

Selain kandungan yang sudah disebutkan tadi, susu juga mengandung laktosa. Laktosa adalah gula alami yang banyak ditemukan di susu. Nah, di dalam tubuh, laktosa enggak bisa dicerna langsung.

Dalam mencerna laktosa, tubuh memang enggak bisa bekerja sendiri. Ia butuh bantuan enzim laktase yang dihasilkan usus kecil.

Kalau produksi enzim dalam tubuh kurang, maka kita enggak bisa mencerna laktosa dengan baik. Inilah yang disebut dengan intoleransi laktosa. Hal ini yang menyebabkanmu mulas dan diare setelah minum susu.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *