Vaksin Corona Sudah Berhasil Pada Kera, Setahap Lagi Manusia

Berita Live – Para ilmuwan di Universitas Oxford, Inggris, menyebut bahwa mereka satu langkah lebih dekat mengembangkan vaksin COVID-19 untuk manusia. Sebabnya, vaksin yang mereka buat berhasil melindungi kera dari paparan virus Corona.

Dalam uji coba, sebanyak 6 ekor kera jenis rhesus disuntik dengan vaksin tersebut. Mereka sudah 4 minggu dalam keadaan sehat meskipun sengaja dipaparkan dengan COVID-19.

Walau tidak ada garansi akan sama ampuh di manusia, jelas hal ini merupakan pertanda baik. Selanjutnya, vaksin itu bakal diuji coba pada manusia pada akhir bulan depan untuk mengetahui seberapa aman dan efektif.

“Kera rhesus ini kurang lebih adalah makhluk terdekat yang kita punya dengan manusia,” kata pemimpin riset dari Oxford, Dr Vincent Munster.

Jika sukses dan disetujui oleh regulator, maka kemungkinan pada bulan September mendatang, diharapkan beberapa juta vaksin tersebut sudah dapat tersedia.

“Kami akan memulai trial pada bulan Juli. Selain pengembangan vaksin Corona yang aman, penting untuk menggaransi produksi jutaan dosis dalam waktu cepat,” kata Stefano Calloca, Choef Technology Officer ReiThera.

(CP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *