Van Dijk Bukan Bek Terbaik Eropa Menurut Studi

BERITA LIVE– London – Virgil van Dijk memang baru saja merebut gelar Pemain Terbaik UEFA. Tapi, ada sebuah studi menyebut Van Dijk bukanlah nomor satu melainkan Niklas Sule.

Van Dijk berhasil meraih gelar tersebut dengan mengalahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Performanya di lini belakang menjadi kunci kesuksesan Liverpool berjaya di Liga Champions.

Selain itu, Van Dijk mampu membawa Liverpool meraih clean sheet terbanyak di Liga Inggris, yakni sebanyak 21 kali, serta tidak bisa dilewati oleh pemain lawan sepanjang satu musim.

Dengan penampilan gemilangnya tersebut, tidak heran jika ia disebut sebagai bek terbaik di Eropa saat ini. Namun, sebuah studi terbaru yang dikeluarkan oleh CIES Football Observatory menyebut jika van Dijk bukanlah yang terbaik.

Studi yang dilakukan sejak Maret 2019 itu menggunakan algoritma unik yang memberi peringkat pemain berdasarkan pertandingan demi pertandingan. Penilaian tersebut juga memperhitungkan produktivitas dan efisiensi pemain di lapangan, baik di tingkat individu mau pun secara kolektif.

Selain itu studi ini juga menggunakan data dari OptaPro. Selanjutnya dengan mempertimbangkan sejumlah variabel kinerja, penelitian ini menghasilkan nilai untuk setiap pemain yang memiliki penampilan yang memadai.

Hasilnya, Van Dijk mendapatkan skor 90,5 dari 100 poin yang dinilai oleh CIES Fotball Observatory. Nilai tersebut menempatkan pemain asal Belanda itu di peringkat kedua, di bawah Sule.

Bek Bayern Munich itu mendapatkan skor 92,1 dan membuatnya jadi bek sekaligus permain terbaik Eropa saat ini. Anda, setuju?

Daftar pemain terbaik Eropa berdasarkan studi CIES Football Observatory

1. Niklas Sule (Bayern Munich) poin 92,1
2. Virgil van Dijk (Liverpool) poin 90,5
3. Aymeric Laporte (Manchester City) poin 89,7
4. David Silva (Manchester City) poin 89,6
5. Thiago Alcantara (Bayern Munich) poin 89,4
6. Oleksandr Zinchenko (Manchester City) poin 89,3
7. Ilkay Guendogan (Manchester City) poin 89,1
8. Joshua Kimmich (Bayern Munich) poin 88,5
9. Roberto Firmino (Liverpool) poin 88,4
10. Robert Lewandowski (Bayern Munich) poin 87,7
(th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *