Wanita Karir atau Ibu Rumah Tangga, Mana yang Lebih Sulit?

BERITA LIVE-

Menjadi ibu rumah tangga, atau beraktualisasi menjadi wanita karir? Pilihan ini kerap berkecamuk di benak pada perempuan yang sudah membangun rumah tangga dan memiliki anak. Jawabannya dan keputusannya pun tentu beragam. Tapi, mana yang sesungguhnya terasa lebih berat dan sulit di antara keduanya? Artis peran yang namanya melambung lewat “Bring It On”, Kirsten Dunst merasa jauh lebih mudah untuk kembali ke depan kamera, dan melanjutkan karir, ketimbang berdiam di rumah seperti saat ini.

“Jauh lebuh mudah untuk bekerja, ketimbang berdiam di rumah dan menjadi ibu,” ungkap Dunst seperti dilansir laman People. Namun, terlepas dari itu -tentu saja, tidak ada pekerjaan yang mudah, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti data yang dilansir Pew Research, sekitar 60 persen warga Amerika Serikat merasa seharusnya seorang ibu berdiam di rumah, dan mengurus rumah tangga. Kendati survei mengatakan hasil demikian, kenyataannya sebagian besar perempuan berkeluarga di AS memilih untuk berkarir di luar rumah.

Studi yang sama juga mengungkap, para ibu yang tidak bekerja memang memiliki waktu rata-rata yang lebih banyak untuk bersama anak dan mengurus rumah, dibandingkan mereka yang bekerja. Namun, di sisi lain, ibu yang berada di rumah ternyata memiliki waktu lebih banyak pula untuk bersantai dan tidur. Sayangnya, belum ada penelitian yang mampu mengungkap berapa banyak waktu yang dihabiskan wanita karir untuk tetap merampungkan tugas domestik, di luar tugas pekerjaan mereka.

(SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *