Wanita Yang Bekerja Pada Shift Malam Rentan Terkena Kanker !

BERITA LIVE-

Secara umum, pagi sampai sore hari itu merupakan waktu produktif tubuh, sedangkan pada malam hari ialah waktu jadwalnya untuk tubuh tidur dan beristirahat. Namun terdapat beberapa profesi dimana harus mengharuskan wanita untuk bisa bekerja di malam hari, alias mengambil pekerjaan shift malam, seperti dokter dan perawat.

Hal ini umumnya tidak begitu mudah bagi para wanita, belum lagi ternyata kebiasaan kerja shift malam juga menyimpan risiko kesehatan, yaitu dapat memicu kanker. Penelitian dari American Association for Cancer Research (AACR), mengungkapkan bahwa sebagian wanita yang bekerja pada shift malam memiliki 19% risiko lebih tinggi terserang kanker. Kanker yang paling rentan adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kulit dan gastrointestinal dibanding wanita yang tidak bekerja shift malam.

Di dalam penelitian juga menyebutkan bahwa profesi perawat menjadi yang paling besar risikonya terkena kanker payudara karena lebih sering mendapatkan jam kerja jaga malam hari. Perawat yang bekerja shift malam punya 58% lebih mengembangkan kanker payudara, 35% lebih mengembangkan kanker gastrointestinal dan sebanyak 28% kanker paru-paru.

Peneliti, Xuelei Ma, PhD, ahli onkologi Sichuan University, mengatakan perlunya program perlindungan kesehatan bagi pekerja shift malam wanita dalam jangka panjang.

Karena malam hari merupakan waktu utama untuk tubuh beristirahat, di mana tubuh akan meregenerasi sel-sel sehingga tetap bisa bekerja optimal esok harinya, kurang tidur di malam hari menyebabkan banyak ketidakseimbangan hormon dan metabolisme sehingga memicu lebih banyak penyakit, salah satunya adalah kanker. Jadi, jika kemungkinan bisa mengganti shift kerja, akan lebih baik tidak bekerja malam hari ya.

(SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *