Waspadai Ya, Ini Beberapa Penyakit yang Sering Mengintai Kaum Wanita!

BERITA LIVE – Setiap hari kita memang selalu beresiko terkena penyakit apapun itu. Hal itu karena berbagai radikal bebas, bakteri, bahkan virus memang sangat suka hinggap di tubuh kita. Berbagai penyakit bisa hinggap di mana saja termasuk lewat makanan. Meski begitu ada beberapa penyakit yang lebih sering hinggap pada perempuan dibandingkan laki-laki. Nah berikut lima penyakit yang seringnya menimpa wanita, yuk waspadai!

Sindrom kelelahan kroni

Hasil gambar untuk Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome merupakan suatu keadaan dimana tubuh merasa sangat lelah dan rasa lelah ini tak kunjung hilang. Tak hanya lelah, seseorang yang menderita penyakit ini sering merasa nyeri sendi, emosional hingga tak bisa berkonsentrasi.

Meski sudah tidur dan beristirahat sindrom ini tak bisa hilang selama enam bulan atau lebih dan masih belum ada obat yang bisa mengatasinya. Konon sindrom ini hadir tanpa sebab yang pasti dan biasanya dikarenakan penderita baru saja sembuh dari infeksi virus atau stres.

Lupus

Hasil gambar untuk Lupus

Lupus sendiri merupakan penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh malah menyerang jaringan sehat. Biasanya penyakit ini memang lebih sering menimpa wanita dengan resiko 1:40. Itu artinya dari 40 orang perempuan yang sehat biasanya 1 orang menderita lupus. Meski begitu penderita lupus bisa tetap hidup normal asalkan menerapkan pola hidup yang baik dan menjalani perawatan yang rutin.

Saluran kemih terinfeksi

Hasil gambar untuk Saluran kemih terinfeksi

Infeksi ini terjadi karena adanya bakteri patogen yang hinggap di saluran kemih. Namun infeksi ini lebih sering menyerang wanita karena saluran kemih perempuan atau uretra lebih pendek daripada laki-laki.

Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah kram bagian perut, selalu merasa kebelet hingga urin yang berwarna keruh. Biasanya pengobatan sendiri dilakukan dengan mengkonsumsi antibiotik dan jika parah si penderita membutuhkan perawatan yang lebih intensif.

Celiac disease

Hasil gambar untuk Celiac disease

Penyakit ini merupakan suatu kondisi di mana tubuh tidak bisa mencerna gluten karena tidak adanya enzim pencerna gluten di dalam tubuhnya. Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah diare, perut kembung dan berat badan mengalami penurunan.

Meski seringnya dianggap sepele, tetapi penyakit ini mampu mempengaruhi siklus menstruasi dan kesuburan si penderitanya. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan dan tidak bisa disembuhkan hanya bisa dicegah dengan menghindari makanan yang bebas gluten. Penyakit ini pun sering menimpa wanita dengan dengan persentasi sekitar 60-70 persen.

Hipertensi

Gambar terkait

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa berasal dari kolesterol, kebiasaan merokok bahkan stres. Penyakit ini tidak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan stroke hingga serangan jantung dan akibatnya fatal.

Namun banyak penelitian yang mengatakan jika resiko hipertensi lebih sering terjadi pada wanita sekitar 30-40 persen lebih tinggi daripada pria. Meski penyakit ini umum dan bisa diderita siapa saja namun resiko yang tinggi ini harus diwaspadai oleh para wanita.

Nah itu beberapa penyakit yang memang sering ada pada wanita, jadi jika kalian yang sudah mengetahuinya harus waspada ya!

(GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *