3 Manfaat jahe untuk kecantikan, bisa mencegah penuaan dini

Berita Live – Siapa yang tak kenal jahe? Rempah-rempah ini tergolong tanaman obat (Toga). Jahe ternyata sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Selain sebagai bahan masak, jahe juga sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Tanaman dengan nama latin Zingiber officinale ini sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Khasiat jahe sendiri telah diakui oleh negara-negara dari seluruh penjuru dunia. Keunggulan dari jahe sudah dimanfaatkan masyarakat luas, misalnya penggunaan jahe sebagai obat herbal sudah dikenal di China, India hingga Indonesia. Penelitian juga membuktikan, manfaat jahe bukan omong kosong belaka, sudah terbukti khasiatnya.

Jahe memiliki beberapa jenis mulai dari bentuk, besar rimpang, dan warnanya, yakni jahe putih besar, jahe putih kecil, dan jahe merah. Sebagai orang lebih mengenal jahe merah sebagai kesehatan, namun semua jenis jahe ini memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan dan kecantikan. Selama ini jahe lebih banyak ditemukan sebagai kandungan jamu sebagai obat untuk menaikkan tingkat imunitas, seperti membantu mengatasi flu serta masuk angin.

Nah tak hanya berjaya untuk menjaga kesehatan tubuh saja, Jahe juga memiliki peran penting dalam menjaga kecantikan. Jahe dikenal memiliki 40 jenis antioksidan yang bekerja untuk mengusir racun dari tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Jika semua organ tubuh bekerja secara normal, maka kesehatan kulit sudah bisa dipastikan sehat. Nah untuk menunjang kecantikan dari luar, kamu bisa memanfaatkan jahe.

Jahe untuk kecantikan masih terdengar asing untuk sebagian orang, mengingat jahe lebih identik dengan kesehatan. Daripada penasaran, berikut manfaat jahe untuk kecantikan :

1. Mencegah timbulnya jerawat.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat merupakan musuh bagi hampir semua orang. Mana ada sih orang ingin wajahnya ternodai oleh jerawat? Nah buat kamu yang memiliki masalah kulit wajah soal jerawat, maka jahe bisa jadi solusi yang tepat. Pasalnya jahe mengandung zat antiseptik dan antioksidan yang akan melawan bakteri dan mencegah efek buruk radikal bebas penyebab timbulnya jerawat.

Caranya haluskan jahe dan tambahkan dua sendok makan madu. Lalu masukkan ke dalam kulkas, jika sudah dingin, kamu tinggal mengoleskannya pada wajah. Diamkan dalam beberapa saat, kemudian bilas.

2. Membuat kulit bercahaya.

Cara Mudah Membuat Kulit Tampak Sehat dan Bercahaya dengan Makanan

Sama halnya dengan mangatasi penuaan dini, jika kamu rutin mengonsumsi air jahe, maka dengan sendirinya akan memiliki kulit bersih bercahaya. Kamu juga bisa menjadikan jahe sebagai masker untuk merawat kulit dari luar. Caranya haluskan jahe, lalu jadikan masker untuk menjaga kelembutan kulitmu.

3. Minyak penumbuh rambut.

Cara Merawat Rambut Tebal dan Panjang - Fashion & Beauty Liputan6.com

Buat kamu yang selama ini merasa memiliki rambut terlalu tipis. Kamu bisa menggunakan jahe untuk mendorong regenerasi rambut. Tak hanya itu, jahe juga mampu merangsang aliran darah di kulit kepala. Jahe bisa mencegah rambut dari kerusakan.

Jahe bisa digunakan sebagai minyak penumbuh rambut. Caranya, tambahkan dua sendok perasan jahe dengan setengah cangkir minyak jojoba. Panaskan minyak 1-2 menit. Diamkan minyak sejenak agar dingin. Kemudian olesi minyak dan jahe gunakan pada rambutmu dan pijat secara perlahan. Diamkan semalaman dan keesokan harinya bilas hingga bersih sembari keramas.

-Cr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *