5 Manfaat Apel bagi Kesehatan Anda, Sering Konsumsi Ya

Berita Live – Apel adalah salah satu buah paling popular untuk diet. Apel yang renyah dan manis ini mampu melindungi tubuh dari resiko penyakit kronis, mulai dari jantung, diabetes, hingga kanker. Beberapa penelitian menunjukkan buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Hal ini tak mengherankan, mengingat apel mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Namun ternyata apel ini ada banyak manfaat lainnya. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut 7 manfaat apel bagi kesehatan, dilansir dari Instagram Healthline.

1. Apel bergizi untuk tubuh

Apel ukuran sedang dengan diameter sekitar 3 inci (7,6 cm) – sama dengan 1,5 cangkir buah. Dua cangkir buah setiap hari direkomendasikan untuk diet 2.000 kalori. Apel juga kaya akan polifenol. Meskipun label nutrisi tidak mencantumkan senyawa tanaman ini, kemungkinan besar mereka bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Apel kaya akan serat dan air, dua kualitas yang membuatnya mengenyangkan. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan irisan apel sebelum makan merasa lebih kenyang dibandingkan mereka yang mengonsumsi saus apel, jus apel, atau tidak ada produk apel.

3. Dapat mencegah sakit jantung

Apel meningkatkan kesehatan jantung dengan beberapa cara. Mereka kaya serat larut, yang membantu menurunkan kolesterol. Mereka juga memiliki polifenol, yang terkait dengan tekanan darah rendah dan risiko stroke.

4. Risiko diabetes yang lebih rendah

Beberapa penelitian telah mengaitkan makan apel dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Dalam sebuah penelitian, makan apel sehari dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah, dibandingkan dengan tidak makan apel. Bahkan makan hanya beberapa apel per minggu memiliki efek perlindungan yang sama

5. Dapat mencegah kanker

Studi tabung reaksi telah menunjukkan hubungan antara senyawa tanaman dalam apel dan risiko kanker yang lebih rendah. Selain itu, satu penelitian pada wanita melaporkan bahwa makan apel dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih rendah akibat kanker. Para ilmuwan percaya bahwa efek antioksidan dan anti-inflamasi mereka mungkin bertanggung jawab atas efek pencegahan kanker potensial mereka.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *