5 Manfaat Daun Basil untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

BERITA LIVE -Daun basil merupakan daun yang sering digunakan untuk sajian masakan, yang bisa membuat aroma masakan lebih lezat, menjadi penyedap rasa dan bisa dikonsumsi sebagai teh herbal.

Daun basil atau yang memiliki nama lain Ocimum basilicum, termasuk ke dalam tanaman herbal atau tanaman rempah-rempah, yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Daun basil ini masih satu keluarga dengan daun mint, sehingga bentuknya hampir sama dengan daun mint. Daun ini memiliki kandungan seperti kalsium, vitamin A, vitamin K, vitamin B dan beta karoten, yang berfungsi sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Resep Koki Medan

Walaupun daun basil memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, tetapi Sahabat harus memperhatikan aturan makanan daun basil, agar terhindar dari efek samping terlalu banyak mengonsumsi daun basil. Berikut manfaat daun basil dan efek sampingnya, dilansir dari Brilio.net:

Manfaat Daun Basil

Mirip Kemangi, Ini 7 Khasiat Daun Basil Untuk Kesehatan

1. Melawan Kanker
Manfaat mengonsumsi daun basil yang pertama, yaitu bisa membantu melawan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Seperti kanker kulit, kanker hati, kanker mulut dan kanker paru-paru. Karena daun basil bersifat sebagai antioksidan yang bisa membunuh sel kanker dan sel tumor.

2. Mencegah Infeksi Virus
Antioksidan yang terdapat di dalam daun basil, membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, agar tidak mudah terinfeksi virus atau bakteri penyebab penyakit tertentu. Antioksidan ini juga bisa melawan radikal bebas yang merusak sel dan organ tubuh.

3. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh
Manfaat daun basil yang selanjutnya, yaitu membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh, dengan mencegah lemak-lemak jahat yang ada di dalam hati, membuang zat racun yang ada di dalam tubuh dan membantu fungsi hati berjalan dengan baik.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah
Daun basil juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Sehingga rutin mengonsumsi aun basil ini, bisa mencegah penyakit diabetes, jantung dan stroke yang menyebabkan kematian.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Selain bermanfaat untuk tubuh, daun basil juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Karena sifat antioksidannya yang membantu mencegah penuaan dini pada kulit, seperti memudarkan kerutan dan mencerahkan wajah.

Efek Samping Daun Basil

Pereda Stres Hingga Antijerawat, Ini 5 Khasiat Utama Daun Basil atau Daun  Tulsi

Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena kandungan daun basil yang kaya akan vitamin dan mineral, tetapi terlalu banyak mengonsums daun basil bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Efek samping yang sering muncul saat mengonsumsi daun basil adalah hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi saat tubuh kekurangan kadar gula darah, yang membuat tubuh lemas, mudah lapar dan mengalami gangguan penglihatan.

Efek samping yang lainnya adalah terkena hepatic carcinoma atau penyakit kanker hati. Bahkan efek samping terlalu banyak mengonsumsi daun basil, juga bisa menyebabkan pembekuan darah yang menyebabkan kematian.

Memang tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Ada sebagian orang yang mengalami efek samping ringan seperti mual dan keracunan makanan saja. Untuk itu konsumsilah daun basil secukupnya saja.

Aturan Mengonsumsi Daun Basil

Sajikan Seperti Teh, Rebus Daun Basil dan Rasakan 8 Manfaatnya

Daun basil bisa dijadikan sebagai pelengkap masakan, bubuk daun, teh atau larutan obat herbal. Saat mengonsumsi basil ini harus diperhatikan aturannya.

Kalau akan melakukan operasi, lebih baik hentikan mengonsumsi daun basil 2 minggu sebelum operasi, atau konsultasikan dulu ke dokter.

Baca Juga : Resep Cara Membuat Es Puter Kelapa Yang Enak

Saat sedang masa kehamilan dan pasca melahirkan, usahakan untuk tidak mengonsumsi daun basil, karena bisa menyebabkan hipoglikemia saat hamil.

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *