5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

BERITA LIVE –  Sirsak adalah tanaman yang berasal dari negara Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman yang berbuah manis ini juga dibudidayakan di negara Indonesia, karena memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Selain bisa dinikmati buahnya, daun sirsak juga bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan bisa membantu mengatasi penyakit kronis seperti kanker. Resep Koki Medan

Daun sirsak memiliki kandungan karbohidrat, vitamin C, vitamin B, mineral dan lain sebagainya. Daun sirsak juga memiliki senyawa aktif yang bisa membantu membunuh racun di dalam tubuh. Berikut beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan cara mengolahnya, dilansir dari Brilio.net:

Mencegah Kanker

Manfaat Daun Sirsak untuk Ibu Hamil Muda | Popmama.com

Manfaat daun sirsak yang pertama adalah membantu mencegah penyakit kanker. Karena daun sirsak memiliki kandungan acetogenin, yang bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Daun sirsak juga memiliki kandungan senyawa antioksidan, yang bisa membantu melindungi sel imunitas tubuh, agar tidak terserang radikal bebas penyebab kanker.

Untuk membantu mencegah kanker, rebuslah 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air, lalu minumlah air rebusan daun sirsak setiap pagi hari.

Mengobati Kista Ovarium

5 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil | Popmama.com

Manfaat daun sirsak yang selanjutnya adalah membantu mengobati kista ovarium. Penyakit ini adalah penyakit yang menyerang perempuan. Penyakit ini salah satu jenis tumor jinak yang bisa berkembang biak menjadi kanker.

Cara mengobati penyakit kista ovarium ini sama dengan mengobati kanker, yaitu dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air, biarkan mendidih dan keluar sari patinya, kemudian minumlah air rebusan ini setiap hari.

Mengatasi Diabetes

Keampuhan Daun Sirsak

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Diabetes bisa disebabkan karena faktor keturunan atau pola hidup yang kurang sehat. Mengonsumsi daun sirsak secara rutin juga bisa membantu mengobati penyakit diabetes, karena kandungan di dalam daun sirsak bisa membantu mengontrol kadar gula di dalam tubuh.

Untuk mengobati diabetes, kamu bisa merebus daun sirsak dicampur dengan madu murni. Walaupun madu murni memiliki rasa manis, tetapi madu murni memiliki kandungan gula alami, yang bisa membantu memecah insulin.

Menghilangkan Ketombe

Daun Sirsak Ampuh Cegah Penyakit Kanker – FAJAR

Manfaat daun sirsak bukan hanya untuk mengobati penyakit kronis. Daun sirsak juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut, agar rambut tidak berketombe, tidak mudah patah, tetap sehat dan berkilau.

Cara menggunakan daun sirsak untuk merawat kesehatan rambut cukuplah mudah. Rebuslah daun sirsak hingga mendidih, lalu setelah air rebusan menjadi dingin, gunakan air tersebut untuk mencuci rambut.

Mengatasi Jamur Kulit

Khasiat Ampuh Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Atasi Kanker hingga Tingkatkan  Insulin - Semua Halaman - Nova

Manfaat daun sirsak yang terakhir bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan yang terdapat di dalam daun sirsak bisa membantu mengatasi jamur kulit, ruam pada kulit, menghilangkan rasa gatal di kulit dan membantu menyembuhkan bisul.

Cara mengolahnya sangatlah mudah. Sahabat hanya perlu menumbuk atau menghaluskan daun sirsak, lalu campurkan minyak esensial hingga berbentuk pasta, lalu oleskan ramuan tersebut ke area kulit yang tumbuh jamur dan bisul.

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *