5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan yang Kaya Akan Antioksidan

BERITA LIVE – Temulawak adalah rempah-rempah asli Indonesia, yang biasa digunakan sebagai obat terbal untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit kronis dan baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Temulawak adalah komoditi rimpang, yang memiliki kandungan kimia seperti kurkumin, pati dan minyak atsiri yang baik untuk pengobatan. Temulawak juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang bisa menguatkan sistem imunitas tubuh.

Temulak dapat diolah menjadi bumbu masakan, tepung, minuman instan, manisan, kue kering, kerupuk hingga permen jeli. Berikut beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan, Resep Koki Medan

Melancarkan Sistem Pencernaan

Inflammatory Bowel Disease, Penyakit Langka yang Sulit Didiagnosis -  Disabilitas Liputan6.com

Manfaat temulawak yang pertama adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Pencernaan yang kurang lancar bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti peradangan usus, sembelit dan juga perut buncit.

Temulawak dapat dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air hangat, lalu dinikmati setiap pagi hari saat perut masih kosong, tanpa menggunakan gula.

Mengonsumsi temulawak di pagi hari ini, bisa membantu mendetoksifikasi sistem pencernaan, mencegah sembelit, menyembuhkan peradangan di usus dan mencegah penyakit dalam sistem pencernaan yang lainnya.

Menyembuhkan Peradangan Virus

10 Obat Radang Tenggorokan Terbaik dan Ampuh di Apotik

Saat seseorang terinfeksi oleh virus atau bakteri, tubuh akan mengalami nyeri peradangan, yang mengakibatkan suhu tubuh menjadi naik atau demam.

Peradangan di dalam tubuh ini dapat disembuhkan dengan mengonsumsi temulawak. Temulawak bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan, karena temulawak memiliki kandungan kurkumin dan minyak esensial yang memiliki sifat antiinflamasi.

Untuk meredakan peradangan, kamu bisa membakar temulawak terlebih dahulu, lalu kupas kulit temulawak dan rebus dengan air, kemudian seduh air temulawak setelah dingin. Mengobati peradangan dengan temulawak tidak akan menimbulkan efek samping untuk tubuh.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Yuk, Coba 3 Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Agar Puasa Lancar - Semua  Halaman - Bobo

Temulawak merupakan rempah-rempah yang memiliki kandungan kaya akan antioksidan. Kandungan senyawa antioksidan dalam temulawak, bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit.

Senyawa antioksidan juga bisa membantu melindungi sel tubuh, agar tidak rusak karena terkena radikal bebas, yang disebabkan virus, bakteri, polusi, racun dan lain sebagainya.

Manfaat temulawak yang bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh ini, bisa didapatkan dengan menyeduh temulawak, dicampur dengan satu sendok teh madu dan perusan lemon atau jeruk nipis.

Menyembuhkan Maag

แผลในกระเพาะอาหาร - อาการ, สาเหตุ, การรักษา - พบแพทย์

Sakit maag adalah penyakit yang terjadi di lambung atau sekitar ulu hati, yang sifatnya berulang dan kronik, menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Sakit maag atau dispepsia bisa menyebabkan seseorang mual dan hilangnya nafsu makan.

Manfaat temulawak bisa membantu menyembuhkan sakit maag atau dispepsia, karena temulawak memiliki kandungan kurkumin, monoterpen dan sekuiterpen, yang baik untuk menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan.

Saat sakit maag menyerang, kamu bisa mengiris temulawak tipis-tipis, lalu rebus temulawak dan minum air temulawak tanpa gula. Setelah mengonsumsi air rebusan temulawak, perut akan terasa lebih nyaman dan hangat.

Mencegah Kanker

Mencegah Kanker Sejak Dini

Manfaat temulawak yang terakhir adalah membantu mencegah penyakit kanker. Zat radikal bebas yang menyerang tubuh, bisa merusak sel imun tubuh dan membantu sel kanker berkembang biak di dalam tubuh.

Sehingga kamu perlu mengonsumsi temulawak secara rutin untuk menghambat perkembang biakan sel kanker. Karena kandungan yang terdapat di dalam temulawak mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi, yang bisa membantu menguatkan sistem imunitas dan membantu menghancurkan sel kanker.

Temulawak merupakan obat tradisional yang ampuh melawan kanker payudara, kanker prostat, kanker usus dan jenis kanker yang lainnya.

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *