6 Manfaat Minyak Ikan bagi Kecantikan, Apa Saja?

6 Manfaat Minyak Ikan bagi Kecantikan, Apa Saja?

Berita Live – Minyak ikan biasanya dikonsumsi sebagai suplemen berbentuk cair dalam kapsul. Sebenarnya minyak ikan bisa diaplikasikan pada kulit, rambut, dan kuku. Namun, bau ikan yang sangat menyengat membuat orang tidak mau menggunakannya.

1. Menghidrasi kulit kering

“Asam lemak omega-3 sangat menghidrasi. Mereka dapat meningkatkan fungsi pelindung kulit untuk mencegah kehilangan air,” jelas Debra Jaliman, MD, Pakar Kulit di New York dan penulis Skin Rules.

“Gunakan minyak ikan pada daerah kering,” katanya. Bubuhkan di dekat mata dan sekitar tepi wajah di bagian yang kasar, saran Dr. Jaliman. Atau coba di bagian tubuh yang sangat kering, seperti sikut dan lutut.

Diperingatkan bagi Anda yang rentan berjerawat, hindari penggunaan minyak ikan karena dapat menyebabkan jerawat.

2. Mengurangi kemerahan pada kulit

“Minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi kemerahan akibat inflamasi, paparan sinar matahari, dan kulit sensitif secara umum,” kata Purvisha Patel, MD, Dokter Kulit dan pendiri Visha Skincare di Germantown, Tennessee, AS.

“Minyak ikan dapat memperbaiki penghalang sel epidermis sehingga meningkatkan kekuatan kulit dan mengurangi kerusakan pada kulit,” katanya.

Untuk mengurangi kulit kemerahan, dia merekomendasikan untuk mengoleskan sedikit pada kulit yang lembab. (Setelah mengoleskan jangan keluar dan terpapar sinar matahari).

3. Meningkatkan perlindungan dari UV

Kandungan EPA dalam minyak ikan dapat meningkatkan perlindungan tubuh terhadapt sinar UV. Bagaikan tabir surya dari dalam, ini karena kandungan anti-inflamasinya.

Namun, tetap saja penggunaan minyak ikan bukan untuk menggantikan pemakaian SPF 30 untuk kulit yang terpapar sinar matahari langsung. Lebih baik, konsumsi minyak ikan untuk menambah perlindungan dari dalam.

4. Menyeimbangkan produksi minyak dan melawan ketombe

Konsumsilah minyak ikan. Jangan gunakan langsung ke rambut karena akan membuat rambut Anda bau amis.

“Minyak ikan meningkatkan kesehatan rambut karena memproduksi sebum yang seimbang sehingga dapat mengondisikan rambut secara alami dan mencegah kulit kepala dari peradangan dan berketombe,” ucap Kerry Yates, Ahli Trikologi dan Pendiri Color Collective di Dallas, Texas

5. Menyembuhkan kutikula kering

Pijatkan setetes minyak ikan pada kutikula yang rusak pada kuku akibat musim dingin. Gunakan sebelum tidur untuk melembabkan kulit di sekitar kuku Anda.

6. Memulihkan kuku kering

Asam lemak yang ada pada minyak ikan akan menghidrasi kuku yang kering atau mengelupas. Gunakan minyak ikan langsung pada kuku jika kering.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *