7 Kesalahan Saat Berolahraga yang Membuatmu Tampak Lebih Tua

BERITA LIVE-

Olahraga merupakan salah satu hal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Melakukan olahraga bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat, bugar, dan bahkan bisa lebih muda.

Pentingnya melakukan olahraga ini menjadikannya sebagai sebuah hal yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya. Hal ini harus dilakukan secara rutin untuk bisa memperoleh manfaat kesehatannya.

Beberapa orang bahkan menjadikan olahraga sebagai sebuah hal wajib setiap harinya. Hal ini tentu saja menjadikannya tidak ideal terutama ketika dipaksakan.

Walau sesungguhnya menyehatkan, namun melakukan olahraga ini tidak boleh dipaksakan. Sejumlah kesalahan yang dilakukan terkait olahraga ini bukannya membuatnya menyehatkan namun malah bisa membuat kamu tampak lebih tua.

Berbagai kesalahan olahraga bisa kamu lakukan sehingga berdampak kamu jadi lebih tua. Dilansir dari The Healthy, berikut sejumlah hal yang perlu kamu hindari pada saat berolahraga.

Berolahraga Tanpa Henti

Banyak Berkeringat Saat Olahraga Belum Tentu Karena Lemak Tubuh Terbakar |  Kabar6.com

Bisa menerapkan jadwal olahraga secara ketat hingga setiap hari tentu merupakan hal luar biasa untuk dilakukan. Walau begitu beristirahat merupakan hal yang harus dilakukan terutama ketika usia bertambah,

“Olahraga intens dalam waktu lama dan kurang tidur bisa melepaskan dan meningkatkan kortisol di dalam darah,” terang Jav Asaro, terapis olahraga dan rehabilitasi.

“Hal ini bisa membalik efek dari insulin dan meningkatkan gula darah,” sambungnya.

Meningkatnya gula darah pada tubuh ini bisa berujung pada masalah kesehatan yang berupa menurunnya elastisitas kulit dan kerutan kulit. Untuk mencegah jenis inflamasi ini, sebaiknya lakukan istirahat setidaknya satu hari dalam satu minggu.

Melakukan Postur Tubuh yang Tak Tepat

5 Latihan Untuk Perbaiki Postur Tubuh Bungkuk | Indozone.id

Ketika kamu berolahraga, berjalan, atau duduk, postur tubuh yang baik merupakan hal penting. Postur tubuh yang buruk ini bisa memengaruhi tulang belakang dan membuatnya jadi membungkuk.

Untuk mencegah terjadinya masalah ini, sebaiknya berkonsultasi dengan pelatih olahraga mengenai posturmu. Jika hal ini memang bermasalah, kamu bisa melakukan yoga, pilates, atau balet untuk mempelajari mengenai postur yang tepat.

Tidak Melakukan Olahraga Bertenaga

Pilihan Olahraga Setelah Sahur yang Tak Akan Menguras Tenaga Halaman all -  Kompas.com

Untuk membuat tubuh tetap sigap dan tajam seiring bertambahnya usia, kamu bisa memasukkan gerakan olahraga bertenaga dalam rutinitasmu. Mengangkat beban berat, melakukan lompatan eksplosif, serta melakukan sprints bisa membantu membentuk otot kuat dan bertenaga.

Terlalu Banyak Melakukan Olahraga Kardio

5 Jenis Olahraga Kardio untuk Tubuh Sehat dan Langsing

Walau kardio merupakan olahraga luar biasa, namun olahraga kekuatan juga penting dilakukan. Jenis olahraga ini bisa membantu memperkuat otot dan membakar kalori walau tidak berolahraga.

Kurang melakukan angkat beban dan hanya fokus berolahraga kardio bisa berdampak tak optimal dalam kesehatan. Padahal, dengan menjaga mempertahankan otot, kamu bisa tampak lebih muda.

Tidak Menguatkan Dinding Panggul

5 Cara Memperkuat Otot Lantai Pelvis

Dinding panggul seringkali bukan merupakan hal pertama yang dipikirkan ketika kamu berolahraga. Padahal bagian ini sebenarnya sangat penting.

“Melewatkan otot dinding panggul bisa membuat banyak wanita memiliki perut besar dan bulat di usia paruh baya serta masalah buang air kecil,” terang Guy Andrews, MA, CSCS.

Untuk mencegah hal ini, disarankan melakukan tiga set 10 kegel, sehari tiga kali. Hal ini bisa membantu mencegah terjadinya penuaan ini.

Melewatkan High-Intensity Interval Training

The Benefits Of HIIT | Highend Magazine

Salah satu jenis olahraga yang penting dilakukan namun kerap dilewatkan adalah high-intensity interval training (HIIT). Nyatanya, jenis olahraga ini sangat bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan.

Penelitian mengungkap bahwa pada orang tua yang melakukan HIIT, tubuh mereka lebih berenergi dan lebih aman dari diabetes. Jenis yang bisa dilakukan ini bisa sangat mudah baik berupa bersepeda atau berjalan di treadmill.

Bersantai

Kaum Milenial Cenderung Abaikan Olahraga dan Kekurangan Waktu Bersantai -  Tribun Lampung

 

Bersantai dan menenangkan diri juga merupakan salah satu hal yang penting ketika berolahraga. Seperti telah diungkap sebelumnya, istirahat merupakan salah satu tahapan penting dalam berolahraga.

Menjaga tampilan usia muda dengan aktivitas menenangkan seperti yoga atau bela diri. Hal ini bisa kamu jadikan aktivitas sehari-hari agar bisa tampak lebih muda.

Berolahraga merupkan yang penting untuk dilakukan secara rutin, walau begitu pastikan untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Melakukannya secara berlebihan bisa menimbulkan berbagai dampak buruk tersebut.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *