7 Manfaat Berenang bagi Kesehatan, Apa Saja?

7 Manfaat Berenang bagi Kesehatan, Apa Saja?

Berita Live -Berenang adalah olahraga yang bisa dilakukan semua orang dari segala usia ini ternyata terbukti memiliki banyak manfaat. Berenang merupakan cara yang baik untuk bersantai.

Selain itu, berenang mampu membantu seseorang melepaskan endorfin, yang bisa memicu perasaan positif. Dikutip dari Swimming, berikut adalah manfaat utama berenang untuk kesehatan.

1. Latihan seluruh tubuh

Berenang menggunakan semua otot di tubuh apakah anda berenang gaya dada atau gaya kupu-kupu, anda akan mendapatkan latihan seluruh tubuh. Berolahraga di air membuat tubuh anda bekerja lebih keras, sehingga 30 menit di kolam setara dengan 45 menit aktivitas di darat.

2. Bagus untuk kebahagiaan

Hanya 30 menit berenang tiga kali seminggu disamping diet seimbang dan gaya hidup sehat adalah salah satu cara terbaik untuk tetap bugar dan sehat. Berenang juga dapat mengembangkan mental yang positif.

3. Mengurangi stres dan rileks

Berenang secara teratur dapat menurunkan tingkat stres, mengurangi kecemasan dan depresi, serta memperbaiki pola tidur anda. Rasakanlah manfaat mental dari berenang.

4. Membakar kalori

Berenang adalah salah satu cara paling efektif untuk membakar kalori. Berenang santai dapat membakar lebih dari 200 kalori hanya dalam waktu setengah jam, lebih dari dua kali lipat berjalan kaki. Dan berenang cepat akan membakar lebih banyak kalori dari berlari atau bersepeda.

5. Menurunkan resiko penyakit

Selain menjadi bentuk latihan kardiovaskular yang hebat, berenang 30 menit seminggu sekali dapat membantu mencegah penyakit. Penyakit yang dapat dicegah diantaranya adalah jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

6. Menopang tubuh

Air menopang hingga 90 persen berat tubuh. Jadi jika pergelangan kaki Anda terkilir pada pertandingan sepak bola dan mengalami cedera atau penyakit jangka panjang, berenang adalah cara yang brilian untuk menyembuhkan.

7. Meningkatkan tingkat energi

Hanya berenang 30 menit tiga kali seminggu dapat meningkatkan tingkat energi Anda melalui peningkatan laju metabolisme. Hal ini dapat memengaruhi kesehatan tubuh anda.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *