Hari Pahlawan, Ini 6 Kuliner Favorit Presiden Soekarno

Hari Pahlawan, Ini 6 Kuliner Favorit Presiden Soekarno

Berita Live – HARI Pahlawan diperingati tiap 10 November untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa. Soekarno termasuk pahlawan proklamator bersama Mohammad Hatta. Keduanya dikenal sebagai pemimpin merakyat.

Sebagai Presiden pertama RI, Soekarno dikenal sebagai sosok menarik termasuk dari sisi selera kulinernya. Soekarno ternyata hobi menyantap kuliner tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari brongkos, asem-asem, hingga bagar hiu khas Bengkulu.

Yuk simak langsung ulasan lengkapnya di bawah ini.

Brongkos dan Asem-asem
Jual Brongkos Daging Sapi dan Tahu Bandung | Enak Murah Keluwak Keluwek -  Kota Bandung - Toko NanoShop | Tokopedia

Presiden Soekarno sangat menyukai brongkos dan asem-asem. Brongkos merupakan olahan sayur yang terdiri dari berbagai bahan seperti kacang tolo, kluwak, dan melinjo. Sementara asem-asem adalah sejenis olahan daging ayam berkuah santan dan dibungkus dengan daun pisang

Saya mendapat info dari mantan ajudan Bung Karno yaitu, Opa Sudarto Danusubroto bahwa makanan kesukaan BK (Bung Karno) adalah asem-asem dan brongkos. Informasi ini juga terdapat pada buku kuliner Mustika Rasa karya Ir. Soekarno, bahkan lengkap dengan resepnya,” kata Shandi Sherd, Chairwomen Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) kepada

Bagar hiu dan pais ikan
Mengenal Bagar Hiu, Kuliner Kesukaan Presiden Soekarno pada Masa  Pengasingannya di Bengkulu - Tribun Travel

Presiden Soekarno juga sangat menyukai hidangan berbahan dasar ikan. Salah satunya adalah bagar hiu khas Bengkulu. Makanan ini berupa olahan daging ikan hiu yang dimasak seperti rendang. Warnanya kecoklatan dan memiliki sedikit kuah

Selain itu, Soekarno gemar menyantap pais ikan. Tampilan makanan ini sekilas mirip dengan pepes khas Jawa Barat. Bedanya, pais ikan tidak menggunakan ikan mas sebagai bahan dasarnya, melainkan ikan gebu dan ikan buli khas Bengkulu.

Nasi Jagung
Sejarah Nasi Jagung, Makanan Pengganti Nasi Zaman Dulu - Lifestyle  Fimela.com

Makanan favorit Presiden Soekarno selanjutnya adalah nasi jagung. Soekarno pernah bilang jagung melambangkan dunia tani karena lebih menunjukan kekuatannya bila dibandingkan dengan beras. Kandungan gula yang dimiliki jagung lebih rendah dari nasi ataupun roti.

Sayur lodeh
Sayur Lodeh recipe by Shu Han Lee | The Feedfeed

Menurut pengakuan Harry Kiss, pemilik Resto Teras Istana sekaligus ayah dari Vidi Aldiano, Presiden Soekarno sangat menyukai sayur lodeh. Keunikan sayur khas Indonesia ini terletak pada kuah santannya yang sangat gurih. Sayur lodeh juga biasanya diolah dengan beragam potongan sayur seperti labu siam, jangung manis, wortel, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *