Khusus Penumpang Tujuan Singapura Wajib Isi ‘Health Alert Card’

images (52)

beritalive.com

beritalive.com medan-

Pengawasan terhadap para penumpang yang masuk dari Singapura terus ditingkatkan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Kualanamu  untuk antisipasi dini terhadap penyebaran wabah virus zika.

“Pengawasan dilakukan oleh KKP Kualanamu dengan memberikan kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card kepada setiap penumpang pesawat dan wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan tersebut,” kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), dr Maruli Tua Siahaan, Jumat (2/9).

Maruli juga menjelaskan, tujuan kartu kewaspadaan kesehatan dibuat agar pihaknya dapat melakukan pendataan medik guna mengantisipasi dini penyebaran virus zika yang masuk ke Sumut melalui Bandara Internasional Kualanamu.

“Informasi yang saya dapat bahwa ada 89 orang yang terkena wabah virus zika di Singapura. Makanya KKP Bandara Kualanamu mengantisipasi dini dengan health alert card,” jelasnya.

Ia pun menambahkan wisatawan untuk waspada terhadap ciri-ciri perkembangan virus zika seperti demam, badan pegal-pegal dan batuk. Nantinya apabila penumpang yang yang terindikasi dengan ciri-ciri tersebut bisa membawa health alert card ke Puskesmas.

“Nantinya si pasien tidak akan ditagih apa-apa dan dapat rujukan dari pusat untuk dibawa ke RS. Adam Malik karena sudah ada MoU dengan RS. Adam Malik,” tambahnya.

“Makanya setiap penumpang pesawat dengan tujuan Singapura harus terlebih dahulu mengisi health alert card. Agar apabila terindikasi dapat dengan cepat kita beri pertolongan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *