Masakan Thailand Berbahan Dasar Mie, Ada yang Bikin Panjang Umur!

BERITA LIVE – Thailand atau yang biasa dikenal sebagai negara Gajah Putih enggak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah. Negeri ini juga punya begitu banyak kuliner khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Sebagai salah satu negara di Asia tentunya Thailand memiliki segudang kuliner berbahan dasar mie yang lezat dan nikmat disantap setiap saat. Jika kamu penasaran apa aja masakan Thailand berbahan mie, yuk simak ulasan ini! AyukTraveling

Pad Thai

Pad Thai - Nicky's Kitchen Sanctuary

Masakan satu ini memang menjadi ikon kuliner khas Thailand. Pad thai dipopulerkan ke tengah masyarakat pada tahun 1930 dengan tujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme warga. Pad thai merupakan makanan khas Thailand yang memiliki bentuk dan tampilan menyerupai kwetiau. Mie gepeng dari Thailand yang mempunyai ukuran lebih lebar dari mie pada umumnya ini terbuat dari tepung beras, tauge dan kucai. Biasanya untuk varian tambahan Pad thai, dihidangkan dengan irisan daging babi atau sapi atau produk hasil laut lainnya. Kamu sudah ngiler belum ngeliat tampilan Pad thai?

Khanom Chin Namya Kati Pla

5 Masakan Thailand Berbahan Dasar Mie, Ada yang Bikin Panjang Umur!

Khanom Chin Namya Kati Pla merupakan makanan yang terbuat dari mie. Masakan satu ini hampir sama dengan Khanom Chin Nam-Ya. Perbedaannya terletak pada wilayah dan resep yang ada dalam masakan ini. Jika Khanom Chin Nam-Ya dapat mudah dijumpai di wilayah Bangkok dan sekitarnya, lain lagi dengan Khanom Chin Kati Pla. Makanan satu ini berasal dari Ayutthaya. Lalu Khanom Chin Nam-Ya juga banyak mengandung sayuran. Hal ini berbeda dengan Khanom Chin Namya Kati Pla yang memiliki kuah super creamy, asam, dan gurih dengan potongan daging di atasnya. Mitosnya, jika kamu menyantap masakan satu ini dengan satu kali suap tanpa terputus, bisa bikin kamu panjang umur.

Khao Soi

Khao soi - Wikipedia

Khao soi merupakan hidangan khas Chiang Mai hasil alkulturasi komunitas muslim dari China. Kuah kari kekuningan berpadu santan memang terasa nikmat saat bertemu dengan daging ayam remapah. Jika kamu mengunjungi Chiang Mai jangan lupa menyempatkan diri untuk sekedar menikmati masakan khas satu ini. Salah satu tempat tersohor untuk menyantap Khao Soi dari puluhan tahun lalu ada di jalanan Charoenprated 1 Alley, Chiang Mai. Jangan Khawatir semua masakan di tempat makan ini terjamin halal.

Kuay Teow Rhua (Boat Noodles)

Boat noodles - Wikipedia

Meskipun makanan satu ini sudah banyak dijumpai di restoran Thailand di Indonesia, namun akan lebih nikmat disantap di negara asalnya. Mie khas Thailand satu ini biasanya dijajakan di pinggir sungai Chao Praya dan sekitarnya, sehingga membuat siapapun yang menikmati sajian ini akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Sayangnya, makanan satu ini menggunakan darah babi sebagai campuran kuahnya sehingga kamu yang beragama muslim harus lebih teliti saat membelinya. Tapi tenang, kamu bisa menikmati hidangan ini tanpa menggunakan darah babi di restoran tertentu!

Khanom Chin Nam-Ya

Khanom chin namya, (Thai: ขนมจีนน้ำยา). Thai rice noodles served with a  fish based sauce called nam ya. | Africa food, Thai cuisine, Cuisine

Jika kamu pencinta makanan sehat, Khanom Chin Nam-Ya bisa menjadi alternatif makanan saat kamu berkunjung ke Thailand. Makanan yang terbuat dari bihun beras, serta disajikan dengan berbagai sayuran sehat seperti tauge, kacang panjang dan disiram dengan kuah kari ikan pedas ini memang terlihat sehat dan lezat. Mungkin belum banyak yang tahu tentang Khanom Chin Nam-Ya. Padahal di Thailand sendiri makanan satu ini menjadi salah satu makanan yang diburu oleh pencinta kuliner yang autentik. Selain itu kepedasan dari kuah kari akan menambah selera makan setiap orang yang mencobanya. Selain itu harganya yang murah dan mudah dijumpai di pusat kota Bangkok membuat daya tarik dari makanan ini.

Gimana, sudah pada ngiler belum lihat berbagai hidangan mie asal Thailand di atas?

-Gr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *