Resep Membuat Bika Ambon Bersarang yang Legit

BERITA LIVE – Kamu paling suka menyajikan camilan apa untuk hilangkan bosan? Kalau suka kue, sesekali cobalah bika ambon. Kue basah ini lembut dan kenyal dengan rongga kecilnya. Kue berwarna kuning ini punya rasa manis yang nikmat. Walau namanya ambon, kue ini berasal dari Medan, lho. Kalau kamu pengin bikin bika ambon yang enak dan berongga, cobalah praktikkan dengan resep di bawah ini. Dijamin antigagal, deh! AyukTraveling

Bahan-bahan yang harus disiapkan

Bika Ambon, Ini Dia Asal Usul Hingga Cara Pembuatannya

Bahan utama:

150 gram gula pasir
100 gram tepung sagu
12 butir kuning telur
200 ml santan kental
10 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
garam secukupnya

Bahan biang:

1 sdm tepung terigu
1 sdm gula pasir
1 sdt ragi instan
50 ml air hangat

Rebus santan dengan daun jeruk

Resep Membuat Bika Ambon Bersarang yang Legit, Gampang Lho!

Masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan air hangat ke dalam wadah. Campur semua bahan tersebut hingga menggumpal. Diamkan selama 15 menit, sisihkan sebentar. Setelah itu, tuang santan bersama daun jeruk, serai, dan garam ke dalam panci. Rebus dengan api kecil sampai mendidih. Jika sudah, angkat dan diamkan hingga suhunya turun.

Kocok kuning telur bersama tepung sagu

Dianggap Musuh, Benarkah Saat Diet Tak Boleh Makan Kuning Telur?

Pecahkan telur dan sisihkan kuningkan ke dalam wadah. Tambahkan gula, lalu kocok menggunakan whisk sampai tercampur merata. Masukkan tepung sagu dan rebusan santan secara bergantian ke dalam kocokan telur. Aduk kembali dengan whisk sampai tak ada adonan yang bergerindil.

Tuang adonan bika ambon ke loyang

Hentikan Sekarang! Jangan Lagi Cicipi Adonan Kue Mulai Hari ini karena Berbahaya Bagi Tubuh - Tribun Batam

Jika adonan tepung sudah tercampur merata, masukkan bahan biang ke dalamnya. Aduk menggunakan spatula kayu dengan teknik aduk balik hingga menjadi adonan yang sempurna. Diamkan adonan selama dua jam. Setelah didiamkan, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi baking paper. Hentakkan loyang perlahan-lahan sampai adonannya rata.

Panggang bika ambon sampai matang

Tips Membuat Bika Ambon Bersarang Bagus, Ini 3 Kuncinya - Semua Halaman - Sajian Sedap

Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dinyalakan dengan suhu 180 derajat Celsius. Biarkan oven terbuka selama 30 menit pertama sampai adonan terlihat sedikit bergelembung. Tutup rapat pintu oven dan panggang bika ambon sampai matang sempurna. Jika sudah, keluarkan loyang dari oven dan dinginkan. Sajikan bika ambon saat sudah cukup dingin.

Maka itulah resep praktis dan antigagal untuk membuat bika ambon yang enak. Tekstur kue juga akan berongga, sehingga terasa lebih empuk dan lebih kenyal. Selamat mencobanya!

-Gr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *