Resep Roti Kukus Selai Srikaya, Menu Lezat Pengisi Perut di Pagi Hari

BERITA LIVE – Mengukus roti menjadi alternatif selain dipanggang. Roti kukus yang lembut dan hangat, sangat cocok mengisi perut saat pagi hari. Tapi tak hanya di pagi hari, roti kukus juga lezat dijadikan camilan sore sebagai teman minum teh atau kopi. Selai srikaya bisa menjadi pilihan bila bosan dengan rasa selai yang biasanya. Manis dan gurihnya selai srikaya menambah nikmat roti kukus sebagai menu sarapan. AyukTraveling

Bahan-bahan yang harus disiapkan

Tepung Beras dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Alodokter

330 gram tepung terigu
67 gram gula halus
4 gram ragi
2 gram baking powder
180 ml air dingin
40 gram mentega putih
2 gram garam
2 sdm minyak sayur
Selai srikaya

Campurkan semua bahan

Santa Bread, Roti Unik yang Cocok Disantap Beramai-ramai Saat Natal

Campur semua bahan kering, aduk rata, tuang air sedikit demi sedikit sampai adonan menggumpal dan tidak terlalu kering. Jangan sampai kebanyakan air agar adonan tidak lembek. Uleni dengan tangan sampai kalis.

Diamkan adonan sampai mengembang

4 Tips Memakai Ragi agar Adonan Roti Tidak Gagal - Lifestyle Fimela.com

Masukkan mentega putih dan garam uleni sampai rata, kemudian tuang minyak. Uleni kembali sampai kalis. Setelah itu bentuk bulat adonan, tutup dengan plastik wrap/kain bersih dan diamkan sampai mengembang. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 40 menit.

Bagi adonan menjadi tiga bagian

Resep Roti Kukus Selai Srikaya

Kempiskan adonan bagi menjadi tiga bagian sama besar. Lalu bulatkan kembali tiga bagian adonan tersebut. Gilas memanjang setiap bagian adonan, lakukan berulang, ya. Setelah itu lalu gulung adonan masukkan ke loyang satu persatu jangan lupa alasi loyang dengan baking paper. Tutup dengan kain dan biarkan mengembang, kurang lebih 15 menit.

Kukus adonan hingga matang

Blog Archives - IstriTeladan

Siapkan panci pengukus berisi air yang diberi beberapa helai pandan, masak hingga air mendidih dan beruap banyak. Kukus dengan api sedang, kurang lebih selama 30 menit. Saat mengukus jangan lupa melapisi tutup panci pengukus dengan kain tebal, agar air tidak menetes di atas roti.

Olesi selai srikaya dan sajikan

Resep Roti Kukus Srikaya Pandan, Legitnya Bikin Ketagihan!

Setelah matang bisa kamu angkat, lalu potong dan olesi bagian roti dengan selai srikaya. Sajikan untuk keluarga dan sahabat tercinta.

Selain menjadi menu sarapan yang hangat dan lezat, roti kukus selai srikaya bisa menjadi pilihan cemilan saat bersanti bersama keluarga. Yuk dicoba sendiri di rumah!

-Gr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *